rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Selasa, 01 Maret 2011

Selamat datang Maret, Mari 'Meledak !!!'


Bagiku, setiap tahunnya, bulan Maret adalah bulan untuk meledak! Seperti Dinamit yang sudah lama disimpan di gudang senjata dan siap di berikan sedikit percikan api. Hanya butuh selang 28 hari atau kadang 29 hari untuk menuju bulan ini.  Bandingkan dengan bulan yang lain, yang butuh 31 hari. Februari seperti memberikan ruang istirahat. Kita hanya punya 28 hari dan tepat di tengahnya pada tanggal 14 dunia ‘merayakan’ hari kasih sayang. Memang aku tidak pernah merayakan hari itu. Tapi dampaknya terasa. Dengan lingkungan yang telah ‘tercemar valentine’ banyak perubahan, yang terjadi mulai Acara TV, Tempat hiburan yang merayakan valentine, sampai ke tempat2 ibadah yang terus menyuarakan anti-valentine. Transisi februari menuju maret terasa sangat cepat.

Tahun lalu, buatku maret jadi momentum pas membuat Skripsi. Semua waktu, fikiran dan tenaga terkonsentrasi untuk skripsi setelah di februari sempat ‘tertidur’. Setiap harinya aku membawa laptop kemana2 dan hampir setiap harinya folder “TA Razi” aku buka.Jangan sepelekan bulan maret kawan.. Meski hampir tidak ada judul lagu yang menggunakan kata “maret” tapi dahulunya banyak kejadian penuh semangat yang terjadi di bulan maret.

Dibulan ini Yahoo!, yang menjadi salah satu situs terkenal dunia didirikan (2 Maret 1995) dan majalah terkenal TIME terbit pertama kalinya (3 Maret 1923). Di italia, Jangan ragukan pengaruh Benito Mussolini pada masanya, 23 Maret 1919 beliau mendirikan gerakan Fasisme yang begitu berjaya. Di perancis, 31 Maret 1819 Menara Eiffel diremikan diperancis. Di dunia sepakbola gak ketinggalan, ada 2  klub sepak bola besar yang lahir di bulan ini. Real Madrid pemegang rekor Gelar Liga Champions terbanyak didirikan 6 Maret 1902. Dan bagi kami para interisti sudah pasti membanggakan lahirnya klub kebanggaan, klub terbaik tahun 2010 lalu, FC Internazionale Milano atau Inter Milan pada 9 Maret 1908. Ada Quote yang begitu dikenang para interisti pada saat lahirnya klub tercinta ini di bulan maret,  Silahkn simak;

“Akan dibuat di sini di Restoran Dell ‘Orologio, kota Milan, sebuah tim sepakbola yang akan menghantui semua seniman dan selamanya akan menjadi tim yang sangat hebat. Di malam yang indah ini, sebuah kostum kita berikan warna hitam untuk malam yg indah dan biru untuk siang yg megah, dgn latar belakang emas. Dan tim ini bernama Internazionale, karena kita semua bersaudara di dunia ini “ (Giorgio Muggiani, 9 Maret 1908)

Lalu bagaimana dengan Indonesia?? Tentunya ada 2 sejarah penting yang diingat dalam perjalanan  bangsa ini. “Serangan Oemoem” tanggal 1 Maret 1949 di Yogyakarta dan terbitnya Surat Perintah tanggal 11 Maret 1966 atau “Super Semar”. Kebetulan pada kedua peristiwa tersebut mantan Presiden Indonesia, Soeharto, terlibat didalamnya. Sehingga dulu sebelum reformasi setiap masuk Bulan Maret, media cetak dan elektronik ramai membicarakan 2 peristiwa tersebut. Setiap tanggal 1 Maret, TVRI (waktu itu) selalu memutar Film “Janur Kuning” untuk mengenang kembali peristiwa heroik tersebut. Karena dengan kejadian tersebut, Indonesia kembali bangkit dan mengusir Belanda yang ingin kembali menjajah negeri ini. Sedangkan supersemar, ini menjadi langkah awal Soeharto menguasai negeri ini selama 32 tahun, yang mulai menggantikan soekarno mulai 26 Maret. 30 Maret dijadikan hari Film nasional, kenapa? Karna ditahun 1950 adalah pertama kalinya diambil gambal film “darah dan do’a” itu adalah film Pertama produksi Indonesia. Sebagai tambahan, Band GIGI juga lahir kok di di bulan maret ke-22 1994. Demikian juga dengan Persib Bandung yang lahir di 14 maret 1933.  Hehee..

Tapi lihatlah akhir2 ini, paling tidak tahun lalu di 2010. Ledakan2 semangat maret mulai memudar. Mungkin masih ingat, hebohnya kasus skandal century di negeri ini. DPR bergelut dengan opsi A dan Opsi C yang disiarkan Live distasiun2 TV. Rakyat juga masih ingat di hari pertama paripurna sempat terjadi “keramaian” ketika Ketua DPR, Marzuki Alie,  memutuskan Rapat Paripurna DPR selesai. Dibulan ini juga Gayus Tambunan mendadak terkenal karna berhasil ‘ditangkap’ di singapura. TVOne dan Metro TV semakin naik daun.

Lantas gimana dengan tahun ini? Belum apa2 di hari pertama sudah ada kemelut PSSI yang mengalahkan berita2 politik lainnya. Pecinta bola sudah muak dengan lakon nurdin. Benarkah akan ‘meledak’ dibulan ini? Entahlah, meski pesimis tidak ada salahnya kita untuk terus berdoa untuk kebaikan negeri ini. Bagiku, bulan maret ini sepertinya aku belum berpikir untuk ‘meledak. Mungkin karna belum merasakan momen yang pas. Tapi baiklah, ledakan-ledakan sederhana bisa kita munculkan kok mulai hari ini. Bangun dari tidur di februari bisa kita isi dengan kegiatan-kegiatan positif. Tubuh dan otak ini pasti tidak sabar lagi untuk ‘bergerak’. Dan mari dengan senyuman kita ucapkan, Selamat Datang Maret..




7 komentar:

Emy Marlesi Mustiar mengatakan...

dan sayapun lahir di maret ini....

salam kenal dari jambi...
jika ke jambi silahkan mampir ke cabang HMI jambi
jika ngeblogg silahkan mampir ke marlesi-bae.blogspot.com

Catatanrazi mengatakan...

Salam kenal juga mbak..

Baru nyadar, ternyata mbak yg message saya di FB

Blognya bagus loh mbak.. :)

Emy Marlesi Mustiar mengatakan...

iyah..... wah... jadi nggak enak neh...

eh, btw, blog siapa yang bagus?? blognya razi yah???

Catatanrazi mengatakan...

Ya ampun.. pengen bgt di sebut ya.. iya blog mbak yg bagus.. )

Ravatar mengatakan...

Kayaknya mas razy n mba emy cocok nih xixixi...
..Back to maret, 'Tumbuhnya' Gigi masuk juga di list, mantap sob soale ane penikmat GIGI nih. Blognya nyaman nih, catatannya juga maknyus :)

Emy Marlesi Mustiar mengatakan...

razi, hehhehe.... secara tak langsung itu...hoho...

ravator, wah... maksudnya apa ini???hm.....
salam kenal...

Catatanrazi mengatakan...

Hahaaa.. ada2 aja ni bg ravatar.. makasih dah mampir.. :)

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ..

Selamat datang!!

1 dari dari 3 blog.. Tapi ini dia blog yang dikelola secara pribadi.. hehe.. Mari berbagi, dengan sebuah catatan kita dapat mengingat, mengulang dan Belajar...

http://catatanrazi.blogspot.com/

We will sleep when we are dead