rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Senin, 20 Desember 2010

Pengalaman Tes di HM. Sampoerna posisi SAM (Supervisor Area Marketing)

Nah ini dia Perusahaan yang paling keren di industry Rokok. Ya.. iseng2 kemarin aq daftar lewat even jobstreet di uniland. Posisi yg aku incar SAM. Awalnya aq kurang mengerti, sebenarnya kerjaannya apa.. tapi setelah cari2 info di kaskus dan forum2 internet lainnya baru sedikit mengerti kerjaannya apa.

Secara umum kerjaan SAM di HMS dibagi ke empat chanel.

Ada yg handle trade, ngurusin project marketing di outlet / toko
Ada yg handle LAMP, ngurusin project marketing di tempat hiburan & komunitas
Ada yg handle media, ngurusin media termasuk baliho, billboard dll.
Ada yg handle event, ngurusin project event & sponsorship.

Karir bisa dicapai secara fair. Perusahaan gak akan hambat karyawan yg bagus prestasinya. Salary mungkin sekitar 5jt kalo br masuk. Kalo jadi SAM, dapat mobil operasional & tunjangan pulsa sebanyak 700rb per bulan. Ini juga belum termasuk tunjangan2 lainnya sesuai kebutuhan, misalnya laptop, hp atau jalan2. Hebat!! Pokoknya ni perusahaan Care banget sama karyawannya.. Salut dah..

Alhamdulillah aq telah ikutin tes ini dari awal sampai akhir, hanya saja di akhirnya belum tau lulus atau enggak. Hehe.. Oke, saatnya share pengalaman tesnya. Berikut, perhatikan baik2. J

1. Tes Kemampuan Dasar dan Psikotes

Tes ini terdiri dari banyak soal dengan bermacam2 jenis. Antara lain terdiri dari soal B.Inggris, Matematis, Deret Gambar, Deret hitung dan jenis2 lainnya. Uniknya, Kita harus bener2 perhitungan ngerjain tes ini. Karna benar akan dikasi nilai 4 dan salah dikurangi 1. Yupp.. mirip bgt dengan SPMB.. Makanya jgn heran ada beberapa soal yg gak ada jawabannya.. So hati2 lah , dan gunakan perhitungan serta intuisi anda.

Setelah ujian, Nanti HRD nya bakal kasi tau kabar lulusnya via telpon. Tapi kebetulan, pada hari aku tes, diumumkan setelah makan siang.. Jangan heran kalau banyak ratusan peserta bakalan gugur di tahap ini dan Alhamdulillah aq termasuk di 10 orang pertama yg lulus dari gelombang kedua. Atau 23 Orang yang lulus dr keseluruhan.. hehe. Selanjutnya adalah tes Grup Diskusi.

2. Grup Diskusi

Untuk tes ini. Peserta yg berhasil lolos akan dibagi ke beberapa grup. Biasanya terdiri dari 5-7 orang. Nanti penilai bakal ngasi sebuah kasus dan itu harus di pecahkan oleh para anggota diskusi. Biasanya waktu diberikan 30 menit dan setelahnya akan diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil diskusi dan dilanjutkan sesi Tanya jawab oleh penilai.

Ketika waktu 30 menit dimulai. Maka biasanya anggota bakal ngebaca dulu sebentar dan menyimpulkan solusi terbaik. Nah, disini tantangannya, gak semua pendapat bakalan seragam kan?? Jangan heran juga klo tiba2 ada rekan diskusi kita yg sok paten atau ngerasa tau segalanya. (Pengen kena tabok tu!!) atau ada juga temen kita yg ngomong terus sampe kita bosen dengarnya tapi intinya sedikit atau gak ada sama sekali (Nah yg ini mending jedotin kepalanya kemeja - _-“). Atau ada juga sok-sok jadi pemimpin grup dengan mencoba menyimpulkan dan sok cool memimpin padahal hasilnya ngambang. Hahaa.. yahh.. bakal banyak deh tipe2 org yg muncul didiskusi ini. Kenapa?? Karna waktu yg sangat singkat udah pasti deh bakal byk yg ngotot buat unjuk gigi.. (Emang ini iklan Ciptadent ya? -_-“)

Bukannya sok ngajarin nih, tapi sepertinya tipsnya sederhana deh. Kita gak perlu ngotot ngomong deh, atau sok2 kepinteran.

  • Ngomong! Udah pasti ini kewajiban. Bayangin klo dalam diskusi ini lo diam aja. Apa yg mau dinilai??
  • Jgn Ngotot!! Penilai pasti ingin melihat bahwa, kita bisa gak sih diajak kerjasama.. Tentu saja kita harus punya porsi masing2 dalam berbicara. Kasi kesempatan rekan kita ngasi pendapat, jangan suka mencela walau idenya konyol atau gak nyambung. Selain itu, penilai pasti ingin melihat kita orangnya open gak dg ide2 lain atau baru. Atau egois yg memaksakan keinginannya. Tunjukkan kalau kita bisa diajak berkerja sama!!
  • Jadilah Cerdas!! Ngomong sebenarnya gak perlu banyak2 deh.. Justru yg banyak ngomong biasanya yg gak lulus (ni pengalaman saya loh J) Ngomong secukupnya aja, asal ngomong kita itu rasional dan bener2 pas plus berisi shg bisa jadi masukan buat diskusi. Penilai juga ingin melihat kita orangnya cerdas gak.. hehe..

Yaaa.. kira2 ini aja deh tipsnya.., banyak lagi sih.. tapi kayaknya teori kadang2 gak gitu penting kalau kita belum tau apa yg terjadi kan.. Aq bisa ngomong gini kan karna aq juga lulus ditahap ini. Sekali lagi ini bukan maksud ngajarin ya (Ane bukan teacher gan! I’m Enginer! Hehe..), Maksudnya Cuma share doang.. :D Hasil dari Diskusi grup ini juga akan diumumkan setelah tes ini berakhir.. makanya banyak2in do’a deh..

3. Interview HRD

Hampir sama dengan perusahaan2 besar lainnya, Tes ini pasti ada. Pertanyaannya pun pasti seputaran kepribadian dan sisanya hanya kesanggupan kita menjalani pekerjaan. Mungkin satu2nya pertanyaan yg gak bisa aq jawab dengan baik adalah ketika ditanya kamu perokok gak?? Hahahaaaa.. kebetulan saya gak merokok bu.. hehe.. (Bayangin, gimana kita mau jualan rokok tapi kita gak ngerokok!! -_-“) tersu beliau nanya lagi, Suka dugem?? Enggak juga bu.. hahaaa.. Bukan apa2 sih, ada bagian dari kerjaan ini yg mengharuskan kita datang ke tempat2 seperti itu loh..

Hampir 1 jam ane dibabat habis dengan pertanyaan2 gan!! Ibarat kate ne gan! Busa deterjen Daia bakal kalah deh dengan busa dimulut kite!! Hehe.. Tapi sebenarnya kuncinya sih, tunjukkan rasa percaya dirikita dan tunjukkan antusia dan semangat kita untuk posisi ini. Selebihnya, ya… kecerdasan anda untuk menjawab.. seepppp dah!!

4. Interview User

Kalo dipikir2 sebenarnya intervw ini gak berat2 amat kok. Aq aja Cuma 15-20 menit. Yang lainnya juga gitu. Biasanya buat yg lulus bakal ditelpon langsung oleh Manajer yang membutuhkan. Tapi kebetulan aq yg lulus kemarin diberangkatkan ketempatnya langsung. (Hebat gila ni perusahaan gan!! Semuanya free!! haha) Kebetulan aq intrvw dengan user dari pekanbaru, yaaa jadinya aq diterbangkan kepekan baru. Kandidatnya gak banyak. Yang kepekan baru ada 3 orang dan itu termasuk saya didalamnya (Horeeee!!)

Pertanyaan2 disini lebih detail sih sebenarnya, Tentang kesiapan kita untuk berkerja, kemahiran anda di komputer dan bahasa inggris juga bakal ditanya. Ohya, anda bisa nyupir gak?? Ini syarat wajib loh.. Karna anda nantinya bakalan dikasi mobil.. hehe.. jadi setelah anda diwawancara anda akan di tes mengemudi!! Siapkan juga SIM A anda!! ngengggg...!!

Oke2.. kira2 gini deh gambaran tes di HM. Sampoerna.. !! Sebenarnya pengen juga kerja disini Cuma kayaknya, ya itu tadi, belum sanggup kalau dpt nya di bagian dugem atau ngurusin SPG2 di acara2.. Takut gak kuat iman gan!! Hehe.. Kalau dikasi posisi trade n media sih oke2 aja.. Jadi ya.. kalau gak lulus sih yaudah deh gak papa. Yg penting ane dah ngerasain jalan2 kepekan baru dan lingkungan kerja di Sampoerna walau Cuma sedikit.. Lain itu, ada juga ada rasa bahagia juga didada.. dari ratusan peserta, aq salah satu dari tiga orang yg dikasi kesempatan kepekanbaru. Dan untuk pertama kalinya aq ucapin terima kasih buat perusahaan Rokok!! Makasih Sampoerna..!!

Buat yg tertarik silahkan deh dites.. Tapi inget.., ni tes hanya bisa dilakukan setahun sekali loh.. kalau gak lulus, coba aja lagi tahun depan. Atau silahkan coba dengan posisi yang berbeda. Silahkan siapkan diri anda!! Hee.. Oke deh.. Salam sukses buat kita semua..!!

48 komentar:

Anonim mengatakan...

Hebat! Salut dengan keberhasilan Saudara...btw udah jadi SAM beneran? di daerah mana? sekali lagi salut! q aja besok baru mo ikut tes tulisnya... ga tau bisa lolos apa g? tp q usahain yg terbaik lah..seperti Razi yah...okelah Go Ahead n yakusa! :)

Anonim mengatakan...

nice info gan, ane jg bsk tes yg sama. thanks alot!

ikra mengatakan...

mantep gan ane juga abis tes pertama untuk posisi SAM, doain aje lolos gan he,,betewe untuk tes fgd, wawancara HRD dan User full english apa bahasa ind gan???

Anonim mengatakan...

mantap gan, ga bisa bayangin jd orang yg terpilih dr ratusan pelamar. ane baru 1 hari yg lalu Gan tes SAM tahap FGD sm Interview HRD, tp disini bukan cuma HRD doang, 2 orang lain yaitu Manager Area Marketing Jawa Barat, Manager Area MArketing Tasikmalaya (ane milih nya penempatan TAsik).. kebetulan 1 kelompok 4 orang karna yg 2 mengundurkan diri. bener kata agan waktu diskusi FGD cm dikit. trus bis tu presentasi. harus sangat logis Gan dlm ide dan presentasinya,jgn mengada2. trus bis tu ane sendirian di interview sm yg td ane sebutin, 1 jam lebihh. hahaha..parah. tp emang prospek cerahh kayanyaa. heehehe...lg nunggu pengumuman nehh.. doakan yakk

Anonim mengatakan...

Gan, pengumuman akhirnya berapa lama? sebab terakhir ane udah interview sm user... mohon pencerahannya

Catatanrazi mengatakan...

Untuk pengumuman biasanya gak lama.. pokoknya cek aja email ente.. kalau belum dpat email penolakan.. berarti agan sekalian harus aktif terus HP nya.. karna di jam2 tertentu HR biasanya bisa manggil. So, siap2 bawa HP kemana saja termasuk kekamar mandi atau tempat tidur.. hehehehe.. tapi kalau sudah dapat email penolakan.. otomatis.. silahkan mencoba kembali tahun depan. Keep Spirit bro.. :))

Anonim mengatakan...

bro aq semalam udah sampe tahap interview tapi belum ada kabar juga bro dari mereka ,paling lama tw berapa hari ua di kabarin??soal ny hampir seminggu juga blm ada kabar,apakah aq udah gagal atau cemana ya bro???

Anonim mengatakan...

Akhir januari 2013, aku ada interview dgn user dan HR manager di Sampoerna Strategic. Ga pake surat lamaran, kebetulan temen aku rekomendasikan aku ke usernya.
Btw, interview berlangsung selama 1.5jam. Feedbacknya sich bagus (kayaknya.. ^_^), terakhir HR managernya nanya kapan bisa bergabung, aku bilang paling cepat Maret 2013, karena kalau betulan diterima paling ngga butuh proses 1 bulan untuk ajukan resign. Selama interview juga ga dibahas masalah nominal gaji yg aku minta.

Yang jadi masalahnya nich kawan, sampai sekarang kok daku belum dapet tilpun perihal hasil interview kemaren yah. Oya, posisi untuk Lab. Manager.

Mau nanya nich, biasanya dikabarin lulus engganya via email atau tilpun gan? trus jaraknya berapa lama sich dari interview hingga pemberitahuan lulus engganya kita?

G.A.L.A.U nich gan.......@_@

Anonim mengatakan...

mau nanya gan, klo di tahap grup diskusi, kita harus pake bhasa inggris atau indonesia? thx

Rahmat novian mengatakan...

perkenalkan saya rahmat,alumni USU juga dan sudah tes kesehatan di HM sampoerna pekanbaru hanya saja belum di panggil

semalam razi ada juga tes kesehatannya?

bila ada info mohon bantuannya ya sesama satu almamater hehehehe

Learn More mengatakan...

mau nanya nih gan rahmat novian..
sudah ada panggilan belum nih gan?
ane juga udah nyampe medical check up 11 maret kemaren,cuman belum ada kabar sampe sekarang..wah harap harap cemas nih..

Anonim mengatakan...

Asw..maaf mau nanya, kalau interview usser pake bhs inggris full? pertanyaannya seputar apa ya? yang nge interviewnya berapa orang? terimakasih sebelumnya...kebetulan besok saya interview.

Unknown mengatakan...

Soal masalah proses test ane ga ada masalah gan, ini cma bingung aja karena ane ga bisa nyetir. Haha. Gmna ya kalo itu mmg jadi syaratnya trus ane ga bisa nyetir bisa berabe dong. Hahaha. Tunjangan tempat tinggal ada ga kira2? Ane dapat penempatan Makassar nihhh....

Londo Coffee mengatakan...

mau tanya nih tentang kesannya bekerja di Sampoerna, denger2 ada beberapa kabar miring mengenai bekerja di perusahaan ini.

Anonim mengatakan...

Bro sy dpt giliran tes tulis dan FGD nanti nih, kira2 klo FGD itu full english gak?

Anonim mengatakan...

Ane jg mau numpang tanya nih gan, kmrn udh selse interview am hrd, skrg tinggal tggu hasil, ane dr surabaya, rncana penempatan balikpapan, ad tunjangan tmpat tinggal g ya gan ? Trs gaji ny ap beda y sm yg di sby ?

Ace mengatakan...

Thanks bang infonya,mudah-mudahan tembus

Anonim mengatakan...

Mas rahmat, medcheck sampoerna apa aja ya tesnya? Ada tes treadmill ngga ya?

Kenny's shoes and apparel laundry mengatakan...

Biasanya dr medcheck ke tnd tgn kontrak brp lama si? Galau udah 3 minggu ga ada pengumuman

feetha mengatakan...

Saya besok rabu ada panggilan untuk wawancara user. Kira-kira wawancaranya pakai bhs inggris ato indonesia yaa?

Adi Purnama Kartadinata A.K.A bhodstress A.K.A aldi skinz mengatakan...

Gan ane ada undangan interview ni kamis besok. Apa aja ni yang bakal ditanyain. Mohon pencerahan

Unknown mengatakan...

keren gan,,, semoga saya bisa seperti itu,, amin,, ^_^

Unknown mengatakan...

keren gan,,, semoga saya bisa seperti itu,, amin,, ^_^

Anonim mengatakan...

gan saya sudah lulus psikotest dan FGD disampoerna, langsung interview HRD tp udah itu ga ada panggilan lg gan. knapa ya ?

Anonim mengatakan...

Fgd nya pake bahasa inggris atau Indonesia ya?

Unknown mengatakan...

hehe saya baru mau tes tulis di rungkut tar jam 14.00,,,semoga ada barengan dr blogger hehe

Anonim mengatakan...

Ane senin depan ada panggilan tes tulis di UKDW jogja. Ada yg ikut lg ngga gan? Nyari barengan nih

Unknown mengatakan...

Iii sama gue juga baru panggilan tes tulis di ukdw. Barengan dong gue dari bandung ni huhu minta line dong

Anonim mengatakan...

Sama, ane jg hari senin di UKDW jogja. Semoga lulus kita semua!

storymissunique mengatakan...

Itu panggilan tes nya via sms INFO ya gan? Bukan via email ya?

storymissunique mengatakan...

Itu panggilan tes nya via sms INFO ya gan? Bukan via email ya?

Unknown mengatakan...

Iya sms via info. Makanya bingung cari infonya dimana takutnya hoax

Unknown mengatakan...

banyak juga nih yg senin besok ke UKDW, sukses semuaa

Anonim mengatakan...

Kemarin ada yg sampe interview gk? Klo ada udah dpt konfirmasi lg blm nih?

Unknown mengatakan...

Kak maaf mau tnya nih..mediacal checkup nya dl apa ja ya?saya sdh lolos tinggal tahap medcheck ja nih..blh bagi pengalaman gak kak?terimakasih kak

Anonim mengatakan...

cuma formalitas doang yg hasilnya siapa lolos udah di ketahui

Anonim mengatakan...

FGD dan Interview semuanya paka english apa indo ya gan?

Anonim mengatakan...

Di jakarta tes FGD nya dimana ya? Ada yg tau alamatnya? Mohon infonya

richie mengatakan...

tp ko aneh ya saya...setiap ngelamar selalu di pinta reperensi orang dalam...bukan hanya di 1 cabang tp beberapa cabang "bandung,sukabumi,jkt" hehee emang klw kerja di sampoerna untuk jd REE harus punya reprensi/orang dalem ya???
jd ga murni donk ya hehe

Astuni Rahayu mengatakan...

mas, udh tahap seleksi d sampoerna tahap apa aja yg pake bhs inggris mas? sy baru sampe tahap psikotes

Anonim mengatakan...

mas saya sudah lolos untuk tahap interview user, jadwalnya selasa (1/3) kira2 nanti interviewernya nanya pake english ya? apa boleh bahasa indo+english? mohon bantuannya. terima kasih

Unknown mengatakan...

saya tanggal 20 ada tes komputer tu seperti apa ya gan.?
posisi kan sebagai staff gudang

Unknown mengatakan...

Saya udah lolos tahap interview, boleh liat email lolos nya gan

Unknown mengatakan...

Saya udah lolos tahap interview, boleh liat email lolos nya gan

Anonim mengatakan...

Pak saya ada panggilan interview lewat email tanggal 15, tapi ada telpon nggak keangkat. dihubungi balik ke surabaya nggak ada yang tahu, disambungin ke hrd nggak diangkat gimana gan ? sedang interveiew nya di bandung. giman baiknya ya ?

Yosephine Ariesta Siagian mengatakan...

Bang mau nanya, buat test FGD sama semua interview nya ntar full in english ya? Please dijawab yaaa hehe

Unknown mengatakan...

Ceritanya sm dg abang ku,tp bedanya dia yg diberangkatkan ke jakarta dr pekanbaru 4 org. Utk di tes lg sm org pusat. Stelah melewati tahap2 nya yg terkahir wawancara dg manager dia ga lolos huhu. Tp mantap mmg pesawat pp garuda indonesia trus smpe di jkt hotel di sediain. Wlu ga lulus pengalamannya luar biasa service dr sampoerna. Abang ku coba lg tahun dpn tp posisi yg beda.. Dan Alhamdulillah lulus gan.. Intinya jgn menyerah... Do the best!😄

Unknown mengatakan...

Aku dapet panggilan niih barusan. Mau tanyak dong tolong jawab yaaa... tes kesehatannya itu apa saja?

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ..

Selamat datang!!

1 dari dari 3 blog.. Tapi ini dia blog yang dikelola secara pribadi.. hehe.. Mari berbagi, dengan sebuah catatan kita dapat mengingat, mengulang dan Belajar...

http://catatanrazi.blogspot.com/

We will sleep when we are dead